Mimpi Frengki Si Anak Gunung Terbang ke Arsenal

detail berita
Frengky Pare Kagoya. Foto: Dok Tunas Garuda
SENTANI - Frengky Pare Kagoya (14) tak menyangka dirinya bisa terpilih mengalahkan ribuan peserta seleksi pencarian pesepakbola muda berbakat Tunas Garuda “Saatnya Kamu Jebol Gawang Arsenal” di lapangan Barnabas Youwe, Sentani Papua.

Setelah melalui proses seleksi selama dua hari sejak kemarin, anak seorang petani di Kotamulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, akhirnya menjadi salah satu dari empat pesepakbola muda berbakat Papua yang akan mengikuti seleksi Final menuju Arsenal di Jakarta, September Mendatang.

Secara tidak sengaja Frengki yang mengetahui berita adanya seleksi Tunas Garuda di Sentani melalui koran yang dibacanya di rumah Kapolsek Distrik Mulia, Puncak Jaya, Rabu (8/6/2011), sehari sebelum pendaftaran dibuka. Seketika itu pula Frengky meminta membawa pulang koran tersebut untuk diberitahukan kepada kakaknya yang bertugas di Dinas Pertanian Puncak Jaya. “Saya minta Bapak (Kapolsek-red) bawa pulang (koran),” kata siswa kelas 1 SMAN I Kotamulia, Puncak Jaya, Papua itu. Peristiwa sore itu mungkin takkan pernah ia lupakan, karena di rumah itulah, ia mulai menggantungkan harapannya bisa lolos ke Arsenal.

Sesampainya di rumah, Frengky langsung menunjukkan koran itu ke kakak sulungnya, Verina Kagoya. Pucuk di cinta ulam pun tiba, apa yang diinginkan Frengky bagai gayung bersambut langsung mendapatkan persetujuan Verina. “Kakak bilang ‘ya sudah kau turun’. Kakak yang biayai naik pesawat,” cerita Frengky.

Dengan menggunakan pesawat selama 45 menit Frengky pun terbang menuju Sentani. Di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Jayapura, asa itu pun mulai dirangkai. Frengky, yang selama di Jayapura tinggal di kos kakaknya yang lain, terpilih menjadi empat pemain terbaik seleksi Tunas Garuda. Bersama Terens Owang Prisca (15), Mariano Orthis Padokan (15) dan Yunus Novriandi Modow (16), ia akan dikarantina di Jakarta untuk mengikuti pelatihan dan seleksi nasional.

“Kami sempat mengamati secara seksama dan teliti terhadap para peserta seleksi sebelum mendapatkan empat anak terbaik dari propinsi ini. Semua pemain yang mengikuti seleksi sangat bagus, Namun juri tetap harus memilih yang terbaik diantara mereka,”kata Rully Nere yang menjadi juri dalam seleksi Tunas Garuda di Jayapura bersama Jules Denis Onana (mantan pemain timnas Kamerun era 90an).

Menurut Rully Nere, Frengky berhasil menarik perhatian semua juri sejak awal mengikuti seleksi karena penguasaan dasar sepakbola yang cukup mahir. “Ini anak sangat berbakat, maka sayang kalau tidak mendapatkan kesempatan untuk maju lagi. Kini tinggal bagaimana Frengky mampu mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya dalam memainkan si kulit bundar serta kerja sama dengan rekan satu timnya pada seleksi selanjutnya agar dia bisa lolos ke Arsenal,” tambah Rully Nere dalam rilis yang diterima okezone, Minggu (12/6/2011).

Melihat pernyataan dan harapan yang besar dari seluruh juri yang telah memilihnya, Frengky pun berjanji akan meningkatkan kemampuannya dalam bersepakbola. “Terima Kasih Tuhan telah memberikan kesempatan ini. Dan saya berterima kasih kepada seluruh panitia Tunas Garuda dan tim juri yang memberikan kesempatan pada saya. Saya berjanji pada bapa untuk berusaha lebih baik lagi,”katanya.

Ditanya soal London, Frengky, yang baru sekali menginjak Jakarta, ini mengaku tidak punya bayangan mengenai ibukota Inggris itu. “Saya cuma ingin ke sana,” katanya. Di antara empat anak terbaik itu, Frengky-lah yang paling minim pengalaman. Jika Yunus dan Orthis pernah ikut bergabung di timnas usia dini, Frengky baru bergabung di tim Kabupaten Puncak Jaya. Di kampungnya yang berada di ketinggian 4.000-an meter dpl itu, pun belum ada sekolah sepakbola. “Saya cuma main-main biasa saja. Baru dapat event, dong turun,” kata Frengky mengaku biasa bermain di lapangan ‘menanjak‘ ini.

Di Jakarta nanti, Frengky berjanji akan berlatih sebaik mungkin, agar pengorbanan kakaknya, yang telah membelikannya tiket pesawat Rp 2,4 juta, tidak sia-sia. Tak hanya sampai di ibukota, anak gunung itu pun ingin menjajal kota yang tak pernah terbayangkan olehnya, London. (acf)

sumber : http://bola.okezone.com 
&
Sumber:


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.