Chapter 5, Network Installation & Testing


 
Sebelum melakukan installasi jaringan ada baiknya Anda mempersiapkan dahulu topologi yang akan digunakan lengkap dengan pembagian IP Addressnya.
Sekecil apapun jaringan yang akan dibangun saya selalu menyarankan untuk menggambarnya, dokumentasi gambar ini juga berguna bila disuatu saat ada perluasan jaringan maupun untuk keperluan perawatan (maintenance) jaringan.

Sebagai contoh, berikut adalah contoh topologi jaringan sederhana yang tidak menggunakan router. Jaringan ini tidak ditujukan untuk mengakses Internet. Tentang instalasi jaringan yang akan digunakan untuk mengakses Internet akan saya bahas pada Chapter 7.
Saya selalu juga menekankan sistematika dalam melakukan instalasi jaringan, berikut dengan pengujian awal yang harus dilakukan. Sistematika ini perlu diterapkan sehingga kita dapat mengetahui lebih awal bila ada kesalahan dalam instalasi. Juga dapat mendeteksi lebih awal bila ada perangkat atau kabel jaringan yang tidak berfungsi. Kesemuanya ditujukan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan kecepatan Anda memperbaiki jaringan, karena tidak menutup kemungkinan gangguan dalam jaringan bisa terjadi pada saat Anda mulai membangunnya.
Instalasi jaringan dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :
  • Instalasi Fisik, instalasi fisik akan meliputi konfigurasi kabel, instalasi kabel maupun instalasi Switch.
  • Instalasi Logika, instalasi logika meliputi konfigurasi IP Address pada masing-masing komputer, konfigurasi Router (bila ada)
Ada baiknya sebagai pemula Anda melakukan instalasi fisik terlebih dahulu dibandingkan instalasi logika. Implementasi IP Address akan sia-sia jika misalnya kabel yang Anda gunakan ternyata tidak berfungsi.

Instalasi Fisik




Instalasi Logika




Pengujian (Testing)


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.