Warna Merah Meningkatkan Kecepatan dan Kekuatan

Warna merah menyebabkan banteng menjadi agresif seperti dalam arena adu banteng matador. Ternyata pengaruh warna merah pada agresivitas berlaku juga pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna merah bisa meningkatkan kecepatan dan kekuatan reaksi manusia. 
 
Menurut Andrew Elliot, profesor psikologi dan peneliti dari University of Rochester, warna merah dapat meningkatkan reaksi fisik karena tampak seperti tanda bahaya. Tetapi implikasi warna merah ini seperti pedang bermata dua, kata rekan Elliot, Henk Aarts, profesor psikologi dari Utrech University. Henk menyebutkan, meski warna merah bisa memobilisasi energi namun bisa juga menimbulkan kekhawatiran, cenderung asyik sendiri, dan sebagainya.

Dalam penelitian warna sebelumnya, warna merah telah terbukti kontraproduktif yang memengaruhi keterampilan seseorang dan mental. Misalnya dalam olahraga. Atlet yang bersaing menghadapi lawan yang memakai baju warna merah lebih mungkin untuk kalah. "Warna memengaruhi kita dalam berbagai konteks," kata Elliot. Termasuk juga, kenapa lelaki dan perempuan cenderung tertarik pada lawan jenisnya yang memakai baju merah.
Karena banyaknya implikasi warna itu pada reaksi seseorang, keduanya tertarik untuk melakukan penelitian mengenai warna merah dan reaksi yang ditimbulkan seseorang yaitu kekuatan dan kecepatan reaksi. Mereka mengumpulkan 30 mahasiswa dalam percobaan kecepatan membuka ikat pinggang. Tepat sebelum melakukannya mereka dikasih petunjuk dengan nama mereka yang ditulis dengan krayon warna merah atau abu-abu. Percobaan lain melibatkan 46 mahasiswa yang harus "meremas" handgrip sekuat mungkin jika muncul perintah di layar monitornya. Perintah itu muncul dengan warna merah, biru, atau abu-abu.
Dari kedua skenario itu, warna merah meningkatkan kekuatan dari mahasiswa relawan dalam percobaan tersebut bahkan hingga kekuatan maksimum dibanding saat ditunjukkan warna abu-abu. Untuk percobaan handgrip, tak hanya meningkatkan kekuatan tetapi kecepatan reaksinya juga. Hasil itulah yang disimpulkan keduanya bahwa warna merah bisa meningkatkan kekuatan dan kecepatan.
(Sumber: Sciencedaily)


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.