Tips Jitu Mengatasi Boros Baterai Laptop

Tips Jitu Mengatasi Boros Baterai Laptop - Seperti yang sudah pernah saya bahas sebelumnya di postingan Penyebab Laptop Menjadi Boros Baterai, ada baiknya kita menghemat konsumsi listrik untuk PC Komputer maupun Laptop.
Setelah anda mengetahui Penyebab Laptop Menjadi Boros Baterai berikut saya sajikan tips-tips untuk menghemat konsumsi listrik baik secara manual maupun otomatis menggunakan software.

Berikut saya berikan beberapa penyebab laptop menjadi boros baterai :

1. Membiarkan Wi-Fi Terus Menyala
Hal ini sering terjadi setelah kita selesai menggunakan wi-fi di suatu tempat tapi kita lupa untuk mematikannya. Padahal fitur yang biasanya ada di setiap laptop ini akan terus mencari sinyal wi-fi bahkan di saat wi-fi TIDAK ADA.

2. Menyalakan Bluetooth
Memang tidak banyak laptop yang memiliki fitur bluetooth, tapi saya masih sering menemuinya di laptop ber-merk acer. Sama dengan wi-fi, matikan saja apa bila anda sedang tidak ada aktivitas transfer data melalui bluetooth.

3. Penggunaan Screen Saver
Kontras layar yang terlalu terang sudah pasti membutuhkan energi lebih besar, tapi ternyata screensaver juga. Ketika laptop tidak kita gunakan untuk beberapa saat seharusnya konsumsi listrik menurun tapi biasanya akan muncul screensaver yang bergerak-gerak hal ini malah menyebabkan konsumsi listrik naik.

4. Terlalu Banyak Aplikasi
Terlalu banyak aplikasi dari software-software yang anda install akan menambah kinerja CPU dan otomatis akan mengkonsumsi listrik lebih banyak.

5. Internetan
Internetan juga akan menguras baterai laptop anda. Baik itu menggunakan wi-fi atau modem usb. Keduanya sama-sama mengkonsumsi listrik yang "lumayan" dari baterai.

6. Browser Anda Boros?
Masih berhubungan denga yang nomor lima di atas, ternyata browser juga mengkonsumsi listrik yang lumayan. Sedikit bocoran, berikut ini adalah urutan browser paling boros

    Google Chrome
    Firefox
    Opera

7. Malas Mencabut Flashdisk
Untuk bisa bekerja flashdisk (dan juga modem usb) menyedot listri dari laptop. Bayangkan saja berapa banyak listrik yang terpakai kalau semua port/colokan usb anda penuh dengan flashdisk yang tidak di cabut dalam waktu yang lama.

8. Panas
Laptop yang panas, entah karena bagian dalamnya yang kotor, terlalu lama menyala, cuaca yang panas dan pengap atau hal-hal lainnya akan menuntut kipas berputar lebih cepat yang otomatis membuatuhkan energi lebih banyak.

Sebetulnya masih banyak hal-hal lain yang menyebabkan baterai laptop menjadi cepat habis seperti main game (sudah jelas ini) dan men-charge handphone dari laptop, tapi saya berharap hal-hal di atas bisa berguna untuk anda. Terimakasih
Untuk selanjutnya saya anda bisa membaca Trik Mengemat Listrik/Baterai Laptop (bisa juga untuk komputer PC) baik secara manual atau pun otomatis menggunakan software.

sumber


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

One Response to “Motivarts Magazine”

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.