Curiosity Temukan Ada Sungai di Permukaan Mars

Curiosity Temukan Ada Sungai di Permukaan Mars - Kendaraan penjelajah Mars milik NASA Curiosity mengirimkan gambar bebatuan yang menunjukkan ada sungai berarus deras yang kemungkinan sedalam satu meter pernah ada di planet merah tersebut.

Sebelumnya, telah ada beberapa pertanda bahwa ada air di planet keempat dari matahari itu. Namun, gambar yang dirilis pada Kamis (27/9) yang menunjukkan batu-batuan yang tersapu kemungkinan oleh air memberikan bukti yang kuat bahwa pernah ada sungai di Mars.

"Ada aliran sungai yang sangat deras di permukaan Mars," ujar pemimpin misi Curiosity John Grotzinger. "Kami sangat senang dengan hal itu."

Penemuan itu sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. NASA memerintahkan Curiosity untuk bergerak ke dalam Kawah Gale di dekat ekuator Mars karena foto yang diambil dari luar angkasa menunjukkan lokasi tersebut dulu pernah berupa kawasan perairan.

Permukaan Mars, saat ini, adalah padang pasir tanpa terlihat adanya air sama sekali. Namun, penyelitian geologis terhadap batuan Mars menunjukkan bahwa Mars dulu lebih hangat dan terdapat air di permukaannya.

Curiosity mendarat di Mars pada 5 Agustus untuk misi selama dua tahun untuk mempelajari apakah kondisi lingkungan di Mars bisa ditempati oleh mikroba.
(mediaindonesia.com)


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

One Response to “Motivarts Magazine”

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.