Aji Santoso Otak, Pelatih Timnas Garuda Muda

Aji Santoso Otak, Pelatih Timnas Garuda Muda

Headline
Jumat, 10 Februari 2012 | 11:34 WIB
Motivarts - , Jakarta - Nama Aji Santoso didaulat sebagai pelatih anyar Tim Nasional U-23 Indonesia setelah Rahmad Darmawan mengundurkan diri. Berikut selintas perjalanan kariernya.
Melalui Rapat Komite Eksekutif PSSI yang dihelat di Hotel Crown, Jakarta, Selasa (10/1/2012) WIB, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan untuk melengserkan Wim Rijsbergen sebagai pelatih kepala timnas. Selain itu, PSSI juga menunjuk Aji Santoso sebagai pengganti Rahmad Darmawan dalam menukangi timnas U-23 Indonesia.
Adapun, Timnas U-21 ditangani Widodo Cahyono Putro, timnas U-19 ditangani Liestiadi dan Timnas U-17 ditangani oleh Indra Syafri.
Bagi publik sepakbola nasional, nama Aji Santoso mungkin sudah tak asing lagi. Kala masih berkiprah sebagai pesepakbola, Aji Santoso merupakan andalan timnas Indonesia dari 1990-1991 dan berposisi sebagi bek kiri lincah yang rajin membantu serangan dari sektor kiri.
Prestasi terbaik yang pernah ditorehkan Aji selama masih membela timnas Indonesia adalah meraih Emas SEA Games 1991 di Filipina.
Pensiun sebagai pemain pada tahun 2004, Aji Santoso mulai manapakkan karier kepelatihan dengan menangai SSB Arema, kemudian tahun 2005 dipercaya pelatih kepala timnas saat itu Peter White untuk menangani timnas U-17 untuk kejuaraan ASEAN U-17 di Bangkok.
Setelah itu berturut-turut Aji Santoso melatih Persikota Kota Baru, Pomnas Jatim, Persekam Kab. Malang, Persik, Pesebaya, Persisam, Persema. Prestasi terbaik sebagai pelatih adalah berhasil menghantarkan tim PON Jawa Timur meraih medali emas pada PON Kalimantan Timur tahun 2008.
Kini beban besar berada di pundak Aji dalam debutnya sebagai pelatih kepala Timnas Garuda Muda. Dia bakal memimpin Garuda Merah Putih dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia Grup E di Bahrain, 29 Februari mendatang.
Karena sudah dianggap tidak lagi berpeluang untuk lolos ke babak selanjutnya, maka PSSI memproyeksikan menurunkan timnas U-23 di laga melawan Bahrain. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman bertanding bagi para punggawa ‘Garuda Muda’ di ajang internasional.
Saat ini, 30 nama telah dipilih Aji dalam Training Camp (TC) yang dihelat di Batu, Malang. Rencananya nama-nama tersebut akan kembali dipangkas hingga menyisakan 18 pemain saja dan akan dibawa ke Manama nanti.
Menarik untuk menyaksikan kiprah Aji di laga nanti. Semoga saja, Aji bisa membawa tim nasional yang kita cintai ini meraih prestasi tak terkira di masa depan.

Terimakasih telah mengunjungi bolg kami, silahkan share se banyak banyak nya, Motivarts
4.5


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.