Menteri Minta Petani Kembali Gunakan Pupuk Organik

Pupuk Organik Jual Manfaat Pupuk Organik Kompos di Indonesia By Bioplanmate.com - Menteri Pertanian Suswono mengharapkan para petani kembali menggunakan pupuk organik, karena dengan penggunan pupuk tersebut dapat pula mengembalikan kesuburan tanah.

"Memang selama ini para petani sudah biasa menggunakan pupuk anorganik karena dari segi efisiensi penaburan pupuk sangat mudah, dan hasil yang didapat juga sesuai dengan harapan mereka," kata Menteri Suswono di Denpasar, Minggu, (29/4).

Di sela panen raya di Subak Padanggalak, Kota Denpasar, ia mengatakan akibat kebiasaan para petani menggunakan pupuk buatan secara terus menerus menyebabkan lahan tersebut juga ekosistemnya rusak.

"Dengan kondisi tersebut kami harapkan secara perlahan-lahan kembali menggunakan pupuk organik yang mana proses pembuatannya melalui sentuhan teknologi," kata Surwono menegaskan.

Mentan mengatakan memang kalau pengelolaan pupuk organik secara tradisional memerlukan waktu yang agak lama, karena itu petani lebih memilik pupuk yang instan atau buatan untuk mempercepat penanaman padi dan menghasilkan. Tapi kontur kesuburan tanah juga cepat berkurang. "Kalau terus menerus seperti ini tentu akan berpengaruh terhadap kesuburan lahan tersebut," ucapnya.

Menyinggung lahan pertanian di Indonesia, kata dia, masih cukup tersedia dan dapat menghasilkan padi sesuai dengan harapan. Namun disatu sisi juga terjadi kegagalan panen disejumlah daerah karena dipengaruhi oleh faktor cuaca dan iklim. "Terjadinya perubahan iklim dapat mempengaruhi hasil pertanian. Perubahan cuaca dan iklim ini akibat dari pemanasan global," katanya.

Surwono juga mengatakan, berdasarkan data hasil pertanian di Bali cukup baik. Hal ini didukung dengan sistem subak (organisasi pengairan tradisional) yang sangat kuat, sehingga melalui organisasi ini sosialisasi program-program pertanian dan pengaturan pengairan bagi anggota sangat mudah.

"Keberadaan subak di Bali cukup kuat, sehingga dengan sistem tersebut akan memudahkan para penyuluh kami memberikan informasi maupun sosialisasi program terkait dengan pertanian," katanya.

Terlebih di Bali sendiri, kata dia, Pemerintah Provinsi Bali telah mengembangkan program sistem pertanian terintegrasi (simantri). Dengan demikian penerapan teknologi dalam pengelolaan pertanian terus diinformasikan kepada para petani.

"Saya dengar dengan simantri tersebut para petani dapat bekerja secara efisien, termasuk juga mendapatkan pupuk organik dari penerapan simantri yang dikelola melalui sistem gabungan kelompok petani (gapoktan)," kata Surwono. (Ant)

BACA INI : Pupuk Organik Jual Manfaat Pupuk Organik Kompos di Indonesia By Bioplanmate.com


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.