Cara Sehat Untuk Menaikkan Berat Badan

Cara Sehat Untuk Menaikkan Berat Badan - Menaikkan berat badan pada beberapa orang mungkin dapat sesulit menurunkan berat badan pada orang obesitas. Badan yang kurus kadang dinilai lebih sehat jika dibandingkan badan yang obesitas.

Namun, kekurangan berat badan yang parah cukup mengkhawatirkan jika itu merupakan akibat dari gizi buruk atau kondisi medis, atau memiliki masalah kesehatan lainnya.

Apabila badan terlalu kurus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi. Dengan berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi, akan dapat membantu menaikkan berat badan dengan cara yang sehat.

Seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (25/8/2011), berikut adalah beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan bagi seseorang dengan berat badan kurang:

1. Makan lebih sering
Bila badan kurus, seseorang mungkin akan merasa lebih cepat kenyang. Makan 5-6 porsi kecil sepanjang hari lebih baik daripada 2-3 kali dengan porsi makan besar.

2. Pilih makanan yang kaya gizi
Sebagai bagian dari diet (mengatur pola makan) sehat secara keseluruhan, maka pilihlah makanan yang bergizi tinggi. Pilihan makanan dengan gizi tinggi, antara lain roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, sumber protein rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes
Jangan mengonsumsi soda, kopi, dan minuman lainnya yang mengandung sedikit kalori dan nilai gizinya rendah. Sebaliknya, minum smoothie atau shakes lebih sehat, apalagi yang dibuat dengan susu rendah lemak dan jus segar.

Dalam beberapa kasus minuman cairan pengganti makan mungkin juga disarankan. Minum cairan pengganti makan lebih baik saat 30 menit sebelum atau setelah makan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari perut terasa penuh sebelum makan.

4. Tambahkan makanan ringan padat kalori
Camilan kacang-kacangan, selai kacang, keju, buah kering, dan alpukat. Kombinasi cemilan yang padat kalori, antara lain:
a. Selai kacang dan sandwich jelly
b. Sandwich dengan alpukat
c. Sandwich dengan irisan sayur
d. Sandwich dengan daging
e. Sandwich dengan keju

5. Tambahkan lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari
Tambahkan lebih banyak kalori untuk makanan sehari-hari, dengan kombinasi makanan misalnya:
a. Keju di casserole
b. Sup dan telur dadar
c. Susu tanpa lemak

6. Mengontrol asupan gula dan lemak
Bahkan ketika badan sangat kurus, sadarilah jika terjadi kelebihan gula dan lemak. Mengontrol pola makan juga dengan menyediakan nutrisi, seperti muffin gandum, yoghurt, dan pie buah.

7. Olahraga
Melakukan olahraga dengan teratur, terutama latihan kekuatan, dapat membantu menaikkan berat badan dengan membentuk otot-otot tubuh. Olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga dapat membantu meningkatkan berat badan.
(detikhealth.com)


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.