Seniman Jalanan Buat Mural 'Berani Jujur Hebat' Sepanjang 15 Meter

Sebanyak 16 remaja terlihat sibuk di sebuah dinding di pertigaan kawasan pasar kambing, Semarang. Mereka menghiasi dinding itu dengan kalimat 'Berani Jujur Hebat' berukuran besar. 

Aksi tersebut sebagai bentuk kampanye antikorupsi sekaligus memperingati hari antikorupsi yang jatuh tanggal 9 Desember mendatang. Awalnya belasan remaja yang tergabung dari beberapa street art (seniman jalanan) tersebut membuat sket berupa tulisan dan gambar tipis dari kapur. Lalu mereka meratakan cat warna merah sebagai background untuk mural yang memiliki panjang 15 meter dan tinggi 2 meter itu.

Salah satu anggota dari Karamba Art Movement, Galih Pratama, berharap mural ini bakal bisa berjalan efektif untuk menyadarkan masyarakat. Terlebih lagi lokasi yang diambil dianggap cukup strategis.

"Di sini spotnya legal, lagipula ada sekolahan, mal dan traffic light sehingga pesannya bisa tersampaikan," kata Galih di tengah kesibukannya membuat mural, Sabtu (1/12/2012).

Galih menilai tulisan muralnya tersebut memiliki makna dalam, yaitu pemberantasan korupsi yang bisa dilakukan sejak diri sendiri dengan tindakan berani berbuat jujur.

"Berani jujur adalah langkah awal memberantas korupsi," tandasnya.

Mural yang terdiri dari tiga warna yaitu putih, hitam dan merah tersebut tidak hanya berwujud tulisan namun beberapa gambar obyek manusia dengan berbagai profesi dari tukang jamu, polisi, hingga pejabat.

"Sket kita serahkan pada satu orang, sementara yang lainnya dapat tugas masing-masing per huruf atau gambar," terangnya.

Aksi membuat mural bukan hanya dilakukan di Semarang. Aksi serupa dilakukan serentak di 12 kota lainnya di Indonesia.

"Serentak dilakukan di Aceh, Medan, Pekanbaru, Kendal, Cilacap, Wonosobo, Magelang, Tangerang, Solo, Jogja, Semarang, Padang, dan Jakarta. Ada yang mural dan ada pula yang gravity," ujar Galih.

Pembuatan mural dimulai sejak pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB dan diperkirakan selesai pukul 16.00 WIB nanti. Aksi kampanye tersebut sempat menarik para pengguna jalan hingga banyak di antaranya memperlambat lagu kendaraan mereka saat melintas di depan lokasi mural.

"Aksi akan dilanjut nanti malam dengan pembagian stiker dan sosialisasi antikorupsi di sekitar taman KB dan Jalan Pahlawan," tutup Galih.


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.