Standar Gaji di Indonesia, Anda pilih yang mana ?

SALARY STANDARD FOR S1 in INDONESIA

1. Fresh Graduates/Entry Level. Kisaran Standard Gaji Rp 2 -– 3 juta/bulan

sarjana

Dalam sepuluh tahun terakhir, besaran gaji para fresh graduates (lulusan S-1) tampaknya tidak bergerak naik secara signifikan. Penyebabnya sederhana : supply cenderung jauh lebih tinggi dibanding demand; sehingga buyer (perusahaan) memiliki keleluasaan untuk memberikan gaji yang relatif rendah. Meski demikian sejumlah perusahaan multi nasional kini memberikan gaji bagi para fresh graduate-nya pada angka Rp 4 juta/bulan; sementara Bank Indonesia sejauh yang saya tahu, telah memberikan gaji Rp 5 juta/bulan untuk para lulusan sarjana baru yang bekerja untuk mereka. Namun demikian, masih banyak juga lulusan sarjana S-1 baru yang mendapat gaji sebanding dengan UMR alias sekitar Rp 1 jutaan saja per bulan.

2. Asistant Manager Kisaran Standard Gaji Rp 5 –- 8 juta/bulan

branch manajer

Jika anda sudah bekerja di kantor anda selama 3 – 5 tahun, selayaknya Anda sudah menduduki posisi ini. Dan itu artinya Anda bisa mendapatkan income sekitar Rp 5 – 8 jutaan per bulannya. Kalau sudah bertahun-tahun Anda tetap saja menjadi staf biasa dan tak pernah kunjung naik posisinya ke level ini, ya Anda bisa mulai melakukan sejumlah manuver untuk membuat perjalanan karir menjadi stagnan selamanya. Sebab kalau ndak pernah naik posisinya, gaji Anda ya juga tidak akan naik-naik (sementara harga semangkuk bakso rasanya terus bergerak naik).

3. Senior Manager/General Manager/VP. Kisaran Standard Gaji Rp 20 - 30 juta/bulan

senior manajer

Seorang GM di salah satu perkebunan mengungkapkan, dia memperoleh gaji sebesar Rp 25 juta/bulan. Dan ajaibnya, karena limpahan harga komoditi yang melonjak di tahun lalu, ia bilang tahun ini perusahaannya akan memberikan bonus 8 kali gaji (!) kepada seluruh karyawannya. “Alhamdulilah ….”, ujarnya dengan wajah sumringah. Halah, bagaimana ndak sumringah, wong sebentar lagi mau mendapat rezeki sebesar Rp 200 juta kontan.

5. Managing Director/CEO. Kisaran Standard Gaji Rp 50 juta -– 100 juta/bulan.

managing director

Dengan kisaran gaji seperti itu, pendapatan para Direktur Utama berarti hampir sama dengan gaji seorang pilot senior Boeing 747 Jumbo di maskapai Garuda Indonesia (sebab gaji pilot senior untuk rute internasional di Garuda adalah Rp 90 juta/bulan). 

6. Business Owner/Enterpreneur. Kisaran Standard Gaji : UNLIMITED



Nah, kalau Anda merasa tidak mampu menjadi General Manager atau Senior Manager, dan karirnya begitu-begitu saja; mengapa tidak memutuskan memulai usaha sendiri dan menjadi seorang business owner? Sebab dengan posisi itu, potensi gaji atau pendapatan Anda bersifat unlimited (tidak terbatas). Sebab Anda sendiri yang dengan bebas bisa menentukan berasa besar pendapatan yang layak Anda terima.
Pendapatan besar, waktupun juga banyak, bisa jalan-jalan dengan keluarga, bisa melakukan ibadah tanpa terganggu waktu padat kerja seperti karyawan, nah pengusaha itu sudah pasti Tangan Di Atas, selalu memberi upah kepada karyawannya, secara tidak langsung dia melakukan sedekah, sungguh enak sekali penjadi business owner atau pengusaha.

Go Entrepreneur ...


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.