5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau
Teh Hijau untuk kesehatan
5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan - Teh (camelia sinensis) adalah minuman paling populer dan paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air tawar.  Kepopuleran minuman ini tidak lepas dari manfaat teh untuk kesehatan. Salah satu jenis teh yang paling populer adalah teh hijau. Telah banyak penelitian medis modern yang membuktikan banyak manfaat teh hijau untuk kesehatan. Manfaat teh hijau untuk kesehatan terutama disebabkan oleh kandungan polifenol, fitokimia bersifat antioksidan kuat yang terdapat dalam teh hijau. Untuk Anda yang belum banyak mengetahui manfaat teh hijau untuk kesehatan, berikut akan kami bahas beberapa di antaranya untuk Anda.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  2. Tehanine pada teh hijau dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh yang kuat. Manfaat teh hijau untuk kekebalan tubuh antara lain dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap pilek dan flu serta penyakit-penyakit lainnya.

  3. Mengurangi depresi dan stres
    Kandungan tehanine dalam teh hijau berkhasiat dalam menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sistem saraf. Tehanine menciptakan rasa relaksasi dalam 30-40 menit setelah konsumsi dengan merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak serta dengan memengaruhi kimiawi otak untuk meningkatkan neurotransmiter, dopamine dan serotonin. Komponen-komponen kimiawi ini penting untuk menghasilkan perasaan rileks.

  4. Mengurangi kolesterol dan tekanan darah
    Manfaat teh hijau untuk kesehatan juga berlaku dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan tehanine dalam teh hijau dapat meningkatkan kolesterol baik dan mencegahnya menjadi kolesterol jahat karena oksidasi.

  5. Mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker kolorektal
    Risiko kematian akibat penyakit jantung atau kanker kolorektal dapat dikurangi dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur. Sebuah penelitian di Jepang pernah membuktikan bahwa orang-orang yang minum minimal 7 cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 75% dibandingkan orang yang minum kurang dari secangkir teh hijau per hari. Manfaat teh hijau untuk kesehatan jantung terutama disebabkan oleh kadar polifenol teh hijau yang tinggi (30-40%).

  6. Membantu menurunkan berat badan
    Penelitian membuktikan bahwa ekstrak teh hijau bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi katekin polifenol, antioksidan yang terkandung pada teh hijau. Senyawa katekin polifenol dalam teh hijau membuat intensitas oksidasi lemak dan termogenesis (banyaknya kalori yang mampu dibakar tubuh) pun meningkat. Selain itu, teh hijau juga dapat menurunkan nafsu makan.

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat teh untuk kesehatan (terutama teh hijau), Anda mungkin ingin segera membuktikannya. Namun Anda harus tetap ingat untuk mengonsumsi teh hijau dengan jumlah seperlunya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jangan lupa mampir di blog aku yang satu lagi Toko Bunga Plastik, terima kasih


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.