Singkirkan Penyakit Lupa

 
Singkirkan Penyakit Lupa - Lupa mungkin hal yang sepele namun bisa fatal akibatnya, ketika tiba – tiba membutuhkan sesuatu yang sangat penting namun kita lupa menaruhnya tentu itu sangat menjengkelkan misalnya di kantor kita lupa menyimpan arsip yang di butuhkan untuk laporan pada atasan sedangkan arsip yang di cari – cari tidak ketemu karena lupa menyimpan bisa kebayang bagaimana kondisi kita seperti itu.
Kadang kita bertanya pada diri sendiri kenapa saya bisa lupa padahal tadi baru saja ada atau saya pegang tiba – tiba sekarang hilang entah kemana?kesal, marah dan cemas menjadi campur aduk dimana saat – saat kita membutuhkan barang yang di cari entah kemana. Namun kelupaan menjadi sesuatu hal yang biasa Karena terjadi lupa secara berulang – ulang sehingga orang menyebutnya sebagai kepikunan yang di derita oleh sebagian orang yang lanjut usia, Lalu bagaimana dengan kita yang masih muda namun sering lupa apakah bisa di sembuhkan ? tentu saja bisa…..namun sebelum tahu cara menyembuhkanya kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab lupa itu sendiri, diantara beberapa penyebab lupa adalah sebagai berikut :
1.     1.  Depresi
Depresi yang di gambarkan sebagai penyakit mental akibat adanya keputusasaan sehingga tidak peduli terhapad lingkungan sekitar akibatnya mereka sering berada pada dunia mereka sendiri entah itu kenangan masa lalunya atau hal – hal yang berkaitan dengan ingatan2 yang suram, sehingga mereka kadang bisa bahagia tiba – tiba saja bisa menangis tanpa sebab akibat yang jelas

2.Stress

Di saat kita stress tubuh mengalami hal yang di luar kebiasaan, misalnya otot menjadi tegang, gelisah, kecemasaan yang tinggi memikirkan sesuatu yang tidak baik atau karena mengali tekanan otak akibat bekerja terlalu keras. Sehingga hal ini dapat memperlambat proses encoding yaitu menyimpan dan mengingat informasi yang di terima oleh otak


3.Overload
Sebuah penelitian klinis di Glasgow menyatakan, orang menjadi lebih pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan kelebihan informasi (dari telepon seluler, televisi, radio, dan internet). Lupa bisa terjadi karena banyaknya kegiatan dan informasi yang kita terima namun kemampuan konsentrasi kita tidak focus sehingga ketika terlalu banyak informasi yang masuk namun kita tidak focus pada salah satunya akibatnya diantara hal yang kita lakukan akan terlupakan,misalnya belajar sambil menonton televise itu sangat tidak baik konsentrasi kita akan terbagi dua antara menonton dan belajar, sebaik di lakukan satu persatu terlebih dahulu
4. Tiroid

Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, telah diketahui memengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu yang lama. Solusinya, lakukan pengobatan untuk untuk meng*obati masalah tiroid Anda.
5. Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat menyebabkan lupa. Namun biasanya yang memicu kurang tidur ini adalah stres. Ketika Anda stres, pikiran biasanya lebih fokus pada masalah dan itulah yang membuat Anda kehilangan nafsu untuk tidur.
Jika memang Anda kurang tidur di malam hari, usahakanlah membalasnya dengan tidur siang. Tidur siang juga baik untuk menyegarkan pikiran Anda.
6. Diet Berlebih

Diet merupakan salah satu penyebab lupa hal itu terjadi karena diet yang berlebih atau diet buruk.diet yang tidak tepat bisa menyebabkan kekurangan vitamin yang penting dan gizi dalam tubuh, untuk itu dietlah yang teratur dan seimbang
5. Alkohol dan Narkoba

Alkohol dan narkoba merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kelupaan. Ketika seseorang benar-benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang diceritakan atau dijelaskannya. Serupa dengan itu, kasus kecanduan narkoba juga bisa membuat sel-sel otak kehilangan kontrol seperti ketika mereka mengonsumsi alkohol berlebihan.
6. Trauma Fisik atau Emosional

Trauma fisik bisa terjadi karena benturan akibat dari kecelakaan mobil atau sejenisnya. Trauma tersebut dapat mempengaruhi otak yang merupakan pusat memori, kecerdasan emosi, dan lain-lain sehingga Anda kehilangan memori secara tiba-tiba. Tingkat keparahan kondisi tergantung pada tingkat kerusakan yang disebabkan kecelakaan. Dalam beberapa kasus, orang bisa saja menderita amnesia permanen.
7. Alzheimer

Jika salah satu penyebab lupa Anda adalah akibat kondisi medis yang serius, maka itu bisa jadi dikarenakan Alzheimer. Penyakit ini bisa menyebabkan hilangnya memori, bahasa, dan kemampuan kognitif Anda, juga memengaruhi kesehatan mental yang bisa mengarah pada masalah demensia dan akhirnya meninggal.
Cara mengatasi lupa
1.       Memperbanyak konsumsi ikan
Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan seperti salmon dan makanan yang telah diperkaya seperti yogurt merupakan makanan super untuk memori. DHA, sejenis omega-3, efektif menurunkan peradangan arteri dan memperbaiki lapisan pelindung saraf. Hal ini, menurut Roizen, akan mengurangi lupa ingatan akibat usia, mengurangi risiko kepikunan, depresi, dan mempercepat daya pikir.
2.       Olahraga
Meningkatkan detak jantung 3 kali seminggu selama 20 menit, bahkan hanya dengan berjalan, akan memperbanyak oksigen di otak sehingga membantu pertumbuhan sel-sel baru. Menurut Sam Wang, PhD, associate professor of neuroscience di Princeton University, latihan aerobik juga sama efektifnya dengan aktivitas pelatihan otak lainnya. Tidak harus ke gym. Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik sedang hingga kuat, bahkan hanya sekali seminggu, terbukti bisa membantu Anda mempertahankan fungsi kognitif hingga 30%.
3.      Mencatat kegiatan
Buatlah daftar kegiatan dengan menggunakan agenda harian atau notebook kecil. Pastikan selalu menempatkan kunci mobil atau apapun di tempat yang sama. Hal ini akan memudahkan Anda jika hilang ingatan menyerang.
4.       Membaca  buku
Mungkin terdengarnya agak klasik, tapi para peneliti dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa membaca bisa menurunkan risiko kehilangan memori hingga 30-50 persen. Jadi jangan lupa membaca buku dimanapun Anda berada. Bacaan seperti buku-buku ilmu pengetahuan dan novel adalah bacaan yang paling bisa membantu meningkatkan kemampuan otak

Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.