Kalau Pendidikan Jakarta Mau Sukses, Tirulah Walt Disney


Mengajarkan pelajaran kepada anak didik tak harus melulu dengan cara yang ketat.
Pendidikan di Jakarta bisa meniru cara pendidikan yang diterapkan Walt Disney yang terkenal dengan media hiburannya.
Menurut pengamat pendidikan nasional, Winarno Surakhmad, pendidikan di Jakarta sebaiknya lebih mementingkan pendidikan karakter ketimbang kurikulum pendidikan. Dikatakannya, para pendidik dan instansi yang memperhatikan kualitas pendidikan di Jakarta maupun Indonesia harus belajar pada Walt Disney.
"Walt Disney memiliki visi mengajarkan nilai-nilai kehidupan dan pendidikan melalui dunia hiburan. Mereka punya prinsip lebih baik memberikan hiburan dalam dunia pendidikan ketimbang harus mengajar secara ketat," ujar Winarno, Minggu (25/11/2012).
Prinsip Walt Disney yang berbunyi 'I would rather entertain than teach' memiliki makna bahwa belajar bisa dikemas dalam bentuk hiburan, sehingga pelajar akan lebih menikmati masa-masa pendidikan mereka.
Selama ini, lanjutnya, pendidikan di Indonesia maupun di Jakarta lebih mementingkan kurikulum pelajaran. Namun melupakan pendidikan karakter yang sangat penting ditanamkan sejak usia dini bagi anak-anak usia sekolah.
"Dalam mendidik anak itu yang paling penting adalah pendidikan karakter, bukan kurikulum. Jangan hanya mengatakan perlu mengembangkan otak kiri atau otak kanan. Tapi melupakan pendidikan karakternya. Pakai otak saja tidak cukup," imbuhnya.


Terimakasih telah mengunjungi bolg kami, silahkan share se banyak banyak nya, Motivarts
4.5


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

One Response to “Motivarts Magazine”

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.