Sejarah Kebaya Asli Indonesia

Sejarah Kebaya Asli Indonesia

Sebelumnya baca dulu tentang Trend Kebaya Modern. Sejarah kebaya bermula dari bentuk paling awal dari Kebaya berasal dari istana Kerajaan Majapahit di Jawa dan sebagai sarana untuk memadukan Kemban perempuan yang ada, torso bungkus dari para wanita aristokrat menjadi lebih sederhana dan dapat diterima oleh agama Islam yang baru diadopsi. Aceh, Riau dan Johor Kerajaan dan Sumatera Utara mengadopsi kebaya gaya Jawa sebagai sarana ekspresi sosial status dengan tuan Jawa lebih alus atau halus.
Foto Asli Kebaya Indonesia
Nama Kebaya sebagai jenis pakaian tertentu yang dicatat oleh Portugis ketika mereka mendarat di Indonesia. Kebaya dikaitkan dengan jenis blus dipakai oleh perempuan Indonesia di abad ke-15 atau 16. Sebelum 1600, kebaya di pulau Jawa dianggap sebagai pakaian suci untuk dikenakan hanya oleh keluarga kerajaan, aristokrat (bangsawan) dan bangsawan kecil, dalam era ketika petani pria dan wanita yang berjalan publik bertelanjang dada.
Kebaya Asli Sunda
Perlahan-lahan secara alami menyebar ke daerah-daerah tetangga melalui interaksi perdagangan, diplomasi dan sosial ke Malaka, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Kesultanan Sulu dan Mindanao, kebaya Jawa seperti yang ada sekarang yang dicatat oleh Raffles dalam 1817, sebagai sutra, brokat dan beludru, dengan pembukaan pusat blus diikat oleh bros, bukan tombol dan tombol-lubang di atas tubuh bungkus kemben, yang kain (dan meter kain pisahkan bungkus beberapa lama keliru diberi istilah 'sarung di Bahasa Inggris (aksen (sarung Malaysia: sarung) dijahit untuk membentuk tabung, seperti pakaian Barat) Setelah ratusan tahun akulturasi daerah, pakaian telah menjadi ekspresi yang sangat lokal dari budaya etnis, kesenian dan tradisi menjahit.

Bukti fotografi paling awal dari kebaya sebagai tanggal hari dikenal dari 1857 gaya Jawa, Peranakan dan Eurasia .

Kostum komponen
Seorang wanita tua mengenakan kebaya Sunda yang sederhana, kain batik dan batik blangkon, Jawa Barat.
Indonesia gadis dalam kebaya dan kain batik. Jejak kemban (bungkus tubuh) dapat dilihat di bawah semi-transparan brokat kebaya.

Kebaya klasik adalah kebaya Jawa yang dikenal saat ini pada dasarnya tidak berubah seperti dicatat oleh Raffles pada tahun 1817. Ini terdiri dari blus (kebaya) dari katun, sutra, renda, brokat atau beludru, dengan pembukaan pusat blus diikat oleh bros pusat (kerongsang) di mana flaps blus bertemu. Kebaya tradisional tidak memiliki kancing di depan. Sebuah kerongsang tiga potong yang khas terdiri dari Ibu kerongsang (ibu piece) yang lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan dua lainnya kerongsang Anak (piece anak). Kerongsang bros sering dibuat dari perhiasan emas dan dianggap sebagai tanda status sosial aristokrasi, kekayaan dan bangsawan, namun untuk rakyat jelata dan petani perempuan, kebaya sederhana dan polos sering hanya diikat dengan peniti sederhana (peniti).

Blus ini umumnya semi-transparan dan dikenakan di atas membungkus batang tubuh atau kemben. Rok atau kain adalah membungkus kain pisahkan sekitar tiga meter panjang. Sarung Istilah dalam bahasa Inggris adalah salah, yang sarung (aksen Malaysia: sarung) sebenarnya dijahit bersama untuk membentuk tabung, seperti gaun Barat-the kain yang pisahkan, memerlukan penolong untuk berpakaian (harfiah membungkus) pemakainya dan diadakan di tempat dengan string (tali), kemudian dilipat string ini di pinggang, kemudian diadakan dengan sabuk (sabuk atau ikat Pinggang), yang dapat memegang saku dekoratif.

Varietas
Ada dua varietas utama. Blus, yang dikenal sebagai baju kebaya mungkin dua bentuk utama: blus semi-transparan tegak memotong dari Jawa, Bali, Sunda lebih erat disesuaikan kebaya, dan kompatibel lebih Islami, lebih jelas baju kurung adalah longgar, lutut -panjang lengan panjang blus yang dikenakan di daerah-termasuk Muslim lebih patuh Kerajaan mantan Johor-Riau (sekarang Malaysia), Sumatera dan sebagian Jawa pesisir.

Di Jawa, Bali dan Sunda, kain tersebut umumnya batik yang dapat dari kapas dicap polos rumit sutra yang dilukis dengan tangan tulis batik bordir dengan benang emas. Di Lampung, kain tradisional adalah tapis-an ikat emas benang bordir rumit dengan cakram mika kecil [10] Sumatera, Flores, Timor Lemata, dan pulau-pulau lainnya umumnya menggunakan kain tenun ikat atau songket dari.. Sumba terkenal dengan kain dihiasi dengan lau hada: kerang dan manik-manik [11].

Di Malaka, Malaysia, berbagai berbeda kebaya disebut "nyonya kebaya" dipakai oleh orang-orang keturunan Cina: orang-orang peranakan. Kebaya Nyonya berbeda dalam sepatu yang terkenal rumit tangan manik-manik (kasut manek) dan penggunaan kain batik dengan motif Cina atau diimpor dicetak atau tangan-dicat sutra Cina. Selain Malaka, kebaya nyonya juga populer di permukiman selat lainnya, Penang dan Singapura.

Di Jawa, kebaya dikenakan oleh wanita keturunan Cina disebut kebaya encim, berasal dari nama encim atau Enci untuk merujuk kepada seorang wanita Cina yang sudah menikah [12]. Itu umumnya dipakai oleh wanita Cina di kota-kota Jawa pesisir dengan pemukiman Cina yang signifikan, seperti Semarang, Lasem, Tuban, Surabaya, Pekalongan dan Cirebon. Ini ditandai berbeda dari Jawa kebaya dengan bordir yang lebih kecil dan halus, kain ringan dan warna yang lebih cerah, terbuat dari bahan impor seperti sutra dan kain halus lainnya. Kebaya encim cocok dengan bersemangat berwarna kain batik pesisiran (batik pesisir Jawa).

Selama penjajahan Belanda, wanita Eropa mulai mengenakan kebaya kurang membatasi dan dingin sebagai pakaian formal atau sosial. Wanita Eropa mengenakan lengan pendek dan kapas panjang total dalam cetakan. Kebaya hari Indonesia adalah dari katun putih dipangkas dengan renda buatan tangan Eropa-biasanya dari Bruges atau Belanda dan sutra hitam untuk memakai malam.

Politik signifikansi
Satu-satunya wanita hadir selama Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, berpendidikan Belanda aktivis SK Trimurti-mengenakan kebaya penyemenan sebagai gaun wanita Nasionalisme.
Di kamp-kamp interniran Jepang selama Perang Dunia Kedua, tahanan wanita Indonesia menolak untuk mengenakan pakaian Barat dialokasikan mereka dan bukannya mengenakan kebaya sebagai tampilan solidaritas Nasionalis dan ras terpisah dari rekan Cina, Eropa dan Eurasia narapidana [13].

21 April dirayakan di Indonesia sebagai Hari Kartini Nasional di mana Raden Ajeng Kartini, yang suffragist perempuan dan advokat pendidikan diingat oleh siswi mengenakan pakaian tradisional sesuai dengan wilayah mereka. Di Jawa, Bali dan Sunda itu adalah kebaya [1].

Kebaya sebagai busana nasional perempuan Indonesia sering ditampilkan oleh wanita pertama di Indonesia. Para istri Soekarno, presiden pertama Indonesia, Fatmawati Soekarno dan Dewi Sukarno yang dikenal memakai kebaya setiap hari.

Sosial istri birokrat Suharto-era 'organisasi Dharma Wanita memakai seragam kebaya emas, dengan sabuk merah (selendang) dan pola batik cap pada kain unik untuk Dharma Wanita. Wanita Indonesia akhir pertama dan juga seorang bangsawan kecil Tien Soeharto adalah seorang advokat yang menonjol dari kebaya.

Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri adalah juara umum kebaya dan memakai kebaya merah baik bila memungkinkan di forum publik dan debat pemilihan Presiden 2009.

Persaingan budaya antara Malaysia dan Indonesia telah melahirkan media berbasis pertengkaran alih kepemilikan sebenarnya dari kebaya '.

Modern penggunaan dan inovasi
Garuda Indonesia pramugari seragam kebaya dan kain di batik.
Selain kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modis. Kebaya yang dirancang kasual bahkan dapat dikenakan dengan jins atau rok. Untuk pernikahan atau acara formal, banyak desainer yang mengeksplorasi jenis lain dari kain halus seperti tali untuk membuat kebaya pengantin.
Kebaya Garuda Indonesia
Modern-hari kebaya sekarang menggabungkan inovasi menjahit Barat modern seperti gesper, ritsleting dan kancing-ritsleting menjadi tambahan yang dihargai banyak untuk 'wanita membutuhkan kamar mandi, tanpa memerlukan yang harfiah membukanya oleh pembantu-ke sejauh kain yang benar adalah dekat dengan suara bulat menolak . Inovasi modern lainnya termasuk blus baju kebaya dipakai tanpa membatasi kemben, dan malam blus kebaya dikenakan dengan celana panjang atau terbuat dari kain biasanya untuk Panjang kain. Para pramugari perempuan Malaysia Airlines juga menampilkan batik sebagai seragam kebaya mereka.

Seragam perempuan pramugari Garuda Indonesia adalah interpretasi modern lebih otentik, kebaya dirancang kebaya kartini gaya sederhana namun klasik yang berasal dari abad ke-19 kebaya Jawa Perempuan mulia. Kebaya terbuat dari api-bukti kapas poliester kain, dengan sarung batik parang atau di Lereng motif gondosuli, yang juga menggabungkan motif sayap garuda dan titik-titik kecil merupakan melati.

Sumber dari Wikipedia


Category Article ,
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.