Kopi Luwak VS Black Ivory Coffee dari Kotoran Gajah

Kopi Luwak VS Black Ivory Coffee dari Kotoran Gajah
Kopi Luwak VS Black Ivory Coffee dari Kotoran Gajah
Keberadaan coffee shop yang mulai menjamur dengan konsep yang dibuat senyaman mungkin, dan olahan kopi yang beragam membuat kopi menjadi semakin digemari tidak terkecuali di kalangan anak muda. Beberapa merek kopi pun mulai membuat variasi agar produk yang dijual mampu bersaing dipasaran. Bagi Anda pecinta kopi tentu tidak asing mendengar kopi luwak. Kopi asal Indonesia ini disebut-sebut sebagai kopi yang termahal dan terenak diantara semua jenis kopi. Bahkan di Amerika Serikat terdapat kedai kopi yang menjual kopi luwak ini dengan harga yang cukup mahal.

Namun ternyata kopi luwak mempunyai saingan berat. Ya, mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui hal ini. Kopi termahal didunia adalah Black Ivory dengan harga per kilo sekitar Rp 11 juta. Black Ivory berasal dari biji kopi yang dimakan dan kemudian dibuang bersama kotoran gajah. Black Ivory Coffee atau kopi gading hitam ini berasal dari negara yang terkenal akan gajahnya, Thailand.

Seorang pengamat kopi asal Kanada mengatakan bahwa kopi yang berasal dari kotoran gajah ini memiliki rasa yang unik, seperti campuran kopi dan buah-buahan. Hal ini dikarenakan gajah selain makan kopi juga diberi makan buah-buahan lainya seperti papaya, pisang, tebu, dll. Sedangkan untuk mencernanya gajah memerlukan waktu yang cukup lama yakni 10-15 jam. Hal inilah yang membuat kopi Black Ivory memiliki rasa khas dan begitu istimewa.

Kopi Black Ivory hanya disajikan di empat tempat di dunia, yaitu tiga di Maldives dan satu di Thailand. Di Thailand kopi ini diproduksi sangat terbatas hanya sebanyak 50 kg. Harga kopi gajah ini mahal karena untuk biaya pemeliharaan gajahnya juga tidak murah. Gajah harus diberi makan bikin biji kopi Thai Arabica sebanyak kurang lebih 36 kg biji untuk dapat menghasilkan 1.1 kg biji kopi Black Ivory

Meskipun terdengar menjijikkan namun kopi ini tidak terasa pahit. Hal ini disebabkan adanya enzim yang terdapat pada perut gajah. Enzim tersebut dapat menghilangkan protein yang terdapat pada biji kopi sehingga berkurang rasa pahitnya. Jika mau beli silahkan kesini : Coffee Grinder Reviews


Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.