Catatan Pengalaman masuk PKN STAN - Pendiam tapi sukses

Intermezzo (skip aja ini , hanya pengenalan abg labil )ehem.. di blog ini , khususnya post ini, saya akan membahas pengalaman masuk stan 2017 ini yg tak terlupakan(alay Fvvvck). Tapi sebelum itu , saya akan memperkenalkan sedikit tentang diri saya.Saya adalah anak kelahiran  99 yang lahir didaerah desa  yg berdomisili di jawa tengah (desanya mblusuk banget tetapi oke2 aja), tetapi hidupnya dikota (kota kecil nan indah ), saya adalah orang yang dominan pendiam sejak kecil (gak banyak bacod , its cool).

Catatan Pengalaman masuk PKN STAN
Catatan Pengalaman masuk PKN STAN

Saya juga orangnya biasa-biasa aja dan suka yang biasa-biasa aja. jujur saja bahkan sampai saya lulus SMA ini saya tidak tahu tujuan hidup saya (yes for sure its fvckin  true). apakah untuk mencari kekayaan? sempat terlintas  di pikiran saya apa yang saya lakukan jika saya merupakan orang terkaya di dunia? well, that's boring and definitely not my dream.hmm mungkin untuk mencari  kebahagiaan? yaaa maybe, tetapi saya orang Indonesia yang menganut ideologi Pancasila (khususnya sila pertama), jadi saya adalah orang yang beragama, dan  kebahagiaan di dunia bukan berarti  bahagia di akhirat nanti, hmm lha terus apa begok...,, ya saya sendiri tidak tahu....  tetapi yang saya inginkan untuk sekarang adalah :

1. Menemukan jati diri saya
Kenalilah dirimu, sebagaimana sabda Nabi SAW
Artinya: “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya, dan barangsiapa yang mengenal Tuhannya maka binasalah (fana) dirinya.


2. Beribadah kepada Allah swt
Allah Ta'ala berfirman:  “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56).


3. Membahagiakan Orang Tua
kalau ini tidak usah ditanya, pasti semua orang juga ingin membahagiakan orang tuanya. siapa sih orang tua yang gak seneng punya anak yang sholeh hehehehe.

4. Bekerja Dengan Baik
ya, hanya ingin bekerja sesuai dengan apa yang ku mampu.


udahlah ngomong apa sih saya nehh gaje,,..oke maaf ,,
skip dah  langsung ke cerita gak  usah banyak  cingcong.

Verifikasi

saya saat itu kalo gasalah dapet  tanggal  29 Maret 2017 untuk verif di Semarang. Saya bersama 7 orang teman saya berangkat pagi-pagi dari kota kecil nan indah ke Semarang bertujuan untuk verifikasi berkas. Nah yang dibawa saat itu apa aja sih?? Identitas Diri (Rapor/ Ijazah/ KTP/ SIM/ Paspor/ SKCK, bawa salah satu aja) , Ijazah Asli (untuk lulusan tua)/Rapor Asli(untuk yg baru lulus), Bpo (bukti pendaftar onlen)  yg dimaterai 6k dan ditandatangani (dibelakang bpo difotokopi halaman depan ijazah/rapor),bukti pembayaran bank,foto 4x6 background merah 3 lembar.

 Nah semua itu bawa aja,, nanti pertama km sampe tempat verifikasi akan disuruh ambil no antrean (tp sebelum itu jg dicek km bawa data lengkap gak).

dan  nanti km semua yg udah ambil no antrean akan disuruh nunggu dilapangan dalam  gedung(bukan dalam ruangan,tapi lokasinya  emg ditengah gedung ,outdoor) untuk  dipanggil verifikasi berkas , nah yang ini nih nunggunya lama bangetss, saya waktu itu dapet antrean nomor 500-an ,, dan sekali di panggil ada sekitar 30 orang, tapi ya  itu nunggu nya berjam-jam,,, sambil nunggu dipanggil saya dan salah seorang teman saya jalan-jalan mengelilingi gedung (mampir ke kantin,masjid,liatin satpam,liatin peserta  lain dari lantai atas,dll) dan bahkan jalan-jalan kesekitar  gedung juga ,liatin sungai, liat sabung ayam <<wtf , mampir  kepasar trus beli dawet yg harganya  mahal dan rasanya biasa saja,, lalu liat  sabung ayam lagi << wkkw begok , dan akhirnya nongkrong bentar diwarung sebelah gedung habis itu baru balik ke gedung dan ternyata  masih antre juga. Akhirnya kami memutuskan untuk nunggu dimasjid  karena waktu menunjukkan sudah mau Dzuhur sekalian  Sholat, Nah setelah itu tidak lama akhirnya aku dan teman-temanku dipanggil juga untuk verif  berkas.

Kami disuruh menuju ke Aula yang berada di lantai 4(kalo gk salah). disitu  kami  juga  masih  menunggu tetapi tidak terlalu lama,pokoknya  disini entar akan dijelasin panitia suruh ngapa aja ,,dengerin . Nah akhirnya selesai juga verifikasinya dan  kami mendapatkan  BPU (beda dengan bpo), dan kami pun pulang kembali ke kota kami dengan senang hati.
Jarak antara verifikasi dengan Tahap 1 ini sekitar 2-4 minggu

ini jadwalnya kurang lebih gitu,tetapi tidak 100% akurat
Tahap 1   (USM STAN TPA&TBI)
dalam masa-masa menunggu tahap 1 ini yang saya lakukan hanyalah ngeGame,internetan,dolan bersama teman-teman. dan akhirnya pada saat tanggal 9 april alias H-1 UN saya belajar dengan sungguh-sungguh(belajar UN), untuk sekedar pengetahuan saja saya ini orangnya memang pemalas dan jarang belajar.

Dan habis UN ini, saya kembali menyibukkan diri saya dengan ngeGame, dolan ,dll. 
Btw, tesnya diundur dari 16 april menjadi 23 april, saya sendiri mulai belajar pada tanggal 20 april ,ya cuma 3 hari aja saya belajarnya,itupun hanya latihan soal dari soal-soal tahun lalu. oke skip hari H(nb: jgn lupa bawa bpu dan identitas diri),  saya bersama 7 orang teman saya berangkat dari rumah naik motor jam 4.30 pagi(karena nanti tesnya jam 7 harus sudah sampai setidaknya),,, dan btw saya tesnya di udinus, setelah sampai udinus sayapun parkir dan memasuki gedung tes, saya cari ruangan 46 (ruangan tes saya) dari lantai ke lantai atas,, sampe lantai paling ataspun saya cari-cari kok ga ada ruangan saya,, mentok cuma ruangan 36, saya pun kembali ke lantai dasar untuk melihat peta ruangan,,, eh ternyata saya salah gedung (makanya baca dulu begok) . 

oke akhirnya dengan tenangnya saya kembali keparkiran mengambil motor dan pindah ke gedung tes ruangan saya(agak jauh sih kalo jalan kaki). setiba nya di gedung (Gedung H kalo ga salah) , saya duduk bersama peserta-peserta lain yang juga menunggu akan bel masuk,disini juga banyak orang tua yang menemani anaknya, kalo saya sendiri bersama teman-teman saya memilih untuk duduk beristirahat sebentar di sekitar tempat itu. Dan disinipun ada bermacam-macam tipe orang, ada yang lagi belajar serius, ada yang lagi maen hp, ada yang lagi bengong,ada yang lagi ngobrol/gosip, ada juga yang lagi baca doa, kalo saya sendiri saat itu belajar dikit dan ngobrol aja sama temen-temen tapi juga tidak lupa untuk berdoa. 

akhirnya setelah ditunggu belpun berbunyi tanda tes usm stan tahap 1 akan dimulai. Kami pun langsung masuk kedalam gedung dan mencari ruangan kami , ya ruangannya berada di lantai paling atas. Ternyata ruangannya masih di kunci dan harus menunggu panitia datang ( nunggu sekitar 15 menitan),, saat panitia datang langsung membuka ruangan kami dan lebih baik jangan masuk dulu sampai di persilahkan oleh panitia (etika blok). Aturan demi aturan pun di bacakan oleh panitia ,sesambi panitia berbicara ria, saya masih berdoa didalam hati saya . udah skip langsung aja deh ,soal TPA (120 soal) dibagikan dulu dan dikerjakan dalam waktu 100 menit , nah disini tips dari saya adalah jangan panik kaya saya (beneran saya menyesal sampe sekarang), santai aja ngerjainnya ga usah tegang, chill dude.

 nanti kurang lebih di akhir waktu saat ngerjain TPA akan dibagikan soal TBI (60 Soal) , nah TBI ini dikerjakan dalam waktu 50 menit,, saat udah ngerjain TBI gaboleh ngerjain TPA,, soal TBI itu tentang grammar, dll, pokoknya yang pinter bahasa inggris di sekolah belum tentu bisa ngerjain soal TBI ini karena materinya beda (tidak berlaku bagi saya , ehem).

saking hati-hatiya saya ngerjain TBI, baru sampe nomor 48 eh tau-tau waktu dah habis(nyesel lagi). Total yang saya kerjakan dari TPA adalah 65 (kurang lebih,gara2 panik), dan TBI 48. Akhirnya habis itu kami pulang kerumah masing-masing (tapi mampir makan dulu di fast food).

tips dari saya : TPA nya belajar dari soal-soal tahun lalu aja karena materi gak jauh beda(soalnya tentu beda), antonim sinonim juga dipelajari (kalo saya sih waktu itu ngerjain 1 soal doang dari 15 soal antonim sinonim),itung2an di biasakan aja.

untuk TBI nya silahkan kalau mau belajar materi (saya sarankan beli buku TOEFL atau sepadanannya ), kalau saya sendiri hanya latihan-latihan soal juga dari soal tahun lalu, dan juga belajar dari soal STIS(karena kurang lebih materi sama).

dan kalo bisa belajarnya 1 minggu lebih (7 hari adalah minimal), atur sendiri cara belajarmu

nah habis usm stan ini, gw kembali ke aktifitas biasa yaitu nge Game lagi wkwk, makan ,mandi,tidur,dolan sama teman-teman, (indahkan masa muda mu !!!).  sampai akhirnya ....
Pengumuman tahap 1 tanggal berapa ya , lupa gw.

pengumuman kalo ga salah ya tanggal 3 mei, nah pada tanggal 2 mei ,gw sudah mulai deg-deg an, ibadah diperbanyak, selalu berdoa . Jam sudah menunjukkan pukul 23:20 ,website STAN down tidak bisa dibuka, saya refresh terus tuh sampe jam 12 an, tetapi pengumuman juga belum dikeluarkan , sampe akhirnya saya ketiduran wkkw, saya bangunpun langsung cek pengumuman dan ternyata masih belum keluar, akhirnya saya ngeGame ajah sambil nunggu pengumuman,, sampe malem lagi (udah telat 1 hari nehh) pengumuman juga belum keluar,saya begadang ampe malem lagi jam 12 juga belum keluar, jam 2 juga belum keluar , jam 3 juga belum keluar akhirny saya ketiduran,, eh tidur belum ada 20 menit udah dibangunin ayah saya ,, "dek , kamu lulus tahap 1 stan (ekspresi seneng)" ,gw yang saat itu masih setengah mimpi cuma bengong aja , akhirnya gw sadar itu bukan mimpi dan gw cek sendiri pengumumannya ,,and hell yeahh, gw lulus tahap 1 stan,, bersyukur ya Allah , alhamdulillah. dari 8 orang (gw dan temen gw ) yang daftar tahap 1 ini yang lolos ada 4 orang (termasuk gw). 

oke jarak pengumuman tahap 1 dengan tes tahap 2 itu sekitar 1 minggu - 2 minggu an

Tahap 2 (Tes Kesehatan dan Kebugaran) < 2 TES
Disini saya dapat tanggal hmm lupa , kayanya tanggal 13 mei , tp selama habis pengumuman tahap 1, saya setiap hari latihan fisik terus. Saya jarang olahraga bahkan tidak pernah, ehm tetapi saya hobi mendaki gunung dan renang (cuma itu aja). jadi waktu latihan jogging sih emang saya nggak begitu bagus sih tp ya gapapa. skip langusng hari H (nb: jangan lupa bawa bpu dan identitas diri), Saya dan teman saya (3 orang yang lulus tahap 1 )berangkat dari rumah jam 3 pagi  (udah ngumpul dulu). nah sampe semarang ternyata jam 4.30 (biasanya 1 jam sich) . oh ya tesnya di kantor bea cukai (lupa namanya ,tanjung emas ato apa y??) tetapi hanya tes kesehatan, tes kebugaran nya nanti di anter dari kantor bc ke lapangan deket situ(dianter pake bus bray). 

back to topic,saya yg sampe sana jam 4.30 langsung ambil no antrean dan saya dpt urutan no 140 (Gile aje , yg no 1 jam brp tuh sampe sana?). Setelah itu kami pergi ke masjid untuk menunaikan shalat dan beristirahat sejenak, ternyata ramai juga bahkan ada yang nginep dimasjid wkkwk(disarankan nih yang mau dapet antrean awal). 

Di waktu yang sempit itu,aku dan temanku memanfaatkan momen itu untuk ke kamar mandi (bab bro,kebelet).skip dah, jam 5 lebih dikit kami (seluruh peserta juga) disuruh kumpul didepan kantor bc, disini nanti akan dipanggil sesuai urutan nomor dan disuruh masuk gedung. cepet kok ga lama, pokoknya nanti didalam gedung juga verifikasi data-datanya dulu (BPU sama Identitas diri). kalo udah nanti suruh masuk ruangan untuk cek kesehatan ,disini pun juga kita masih nunggu karena doktor terbatas(banyak sih,tp peserta juga banyak). nah sambil nunggu giliran kita di cek kesehatan, aku sempet ngapalin huruf-huruf untuk cek kesehatan mata(curang gak ya?, gpp sih buat jaga-jaga wkkwk), ya karena emang keliatan sih.


skip,, saat giliran gw dipanggil, saya dicek tensi darahnya dulu(alhamdulillah normal), habis itu nadi (alhamdulillah normal), buta warna (Alhamdulillah normal), tinggi badan (saya cek dirumah 170cm, tetapi disini dapet 166,5 cm),berat badan(saya dirumah dapet 50kg,disini dapet 49,5kg << Dafuq??) , disini saya dapet predikat underweight (sad) .

nah habis itu baru cek kesehatan mata(minus nggaknya), eh ternyata waktu tes gampang banget, jaraknya cuma beberapa meter aja, gausah ngapalin juga bisa kok (kalo matanya normal), dan alhamdulillah mata saya normal. 

nah habis ini ganti dokter ,kita disuruh nunggu lagi , kali ini dokternya lebih pro ,karena yang dicek juga penyakit-penyakit kita. saya waktu itu cuma ditanya "punya riwayat penyakit apa??" saya jawab "nggak ada" ,  dan nanti kamu akan ditanya-tanya , habis itu juga dicek juga tubuh mu sehat gak (sante ,gak disuruh bugil). waktu itu kaki saya juga dipalu (tips: lemesin aja kaki ente). pokoknya disini itu beda dokter beda tesnya juga wkwk,, ada yg cuma 5 menit udah selese ,ada yg sampe 15-20 menit juga masih di cek dokternya.

dan disini juga dokterlah yang memastikan apakah kita boleh untuk melanjutkan tes selanjutnya (kebugaran). karena kan kalo ada penyakit berat pasti tidak bisa , dan jika tidak bisa maka otomatis gugur. tetapi ada beberapa case yang emang tanpa lari pun ada yang tetep lolos (mungkin nilai tahap 1 nya dewa).

Tips: tes buta warna bisa dicoba diinternet, kurang lebih nya sama. waktu tes tensi,denyut jantung, nadi, kalo bisa tenang-tenang aja.biar ga naik tensi lu. pokoknya baik-baikin aja dokternya dah biar dikasih nilai bagus(emang ngaruh?? idk ) . pokoknya turutin dokternya aja nanti.

skip, akhirnya nama saya dipanggil untuk melanjutkan tes kebugaran. nanti kamu dikumpulin 10 orang (1 kloter) , dan habis itu dianter ke lapangan (pakai bus brooo), kurang lebih 5 menit dari kantor bc. Tes kebugaran ini terdiri dari Lari 12 menit dan shuttle run. , nah waktu dah sampe lapangan nanti disuruh pemanasan dulu (btw, saya yg memimpin pemanasan dikloter saya wkwkk<alay wtf) , oke kalau sudah siap nanti akan diberikan penjelasan oleh panitia. saya lari 12 menit cuma dapat 5 x 350m lebih dikit (sekitar 1,8 km an).
dan teman saya pada dapat 2,1 km ++ .

 oke disuruh istirahat sekitar 5-10 menit habis itu kita disuruh untuk melakukan tes selanjutnya yaitu shuttle run ,shuttle run itu tes lari memutari 2 tiang dengan pola angka 8 dan selama 3 putaran. saya tidak tahu dapet berapa detik (tidak diberitahu oleh panitia), tetapi yang saya tahu saya sudah berusaha secepat mungkin. 
Tips : untuk lari 12 menit usahakan lari terus jangan sampai jalan, selalu latihan dirumah usahakan kalo bisa 1 bulan lebih latihannya, biar gak tegang. apalagi yang mau ambil prodi bea cukai, wajib lari sebanyak-banyaknya.  atur pola nafasmu (cari aja pola nafasmu enaknya gimana)
untuk shuttle run nya usahakan kamu sudah pernah mencoba nya dirumah, dan waktu in sendiri kalo bisa <20 detik , pokoknya setidaknya kamu bisa lancar di shuttle run ini karena yang dinilai kecepatan. teknik shuttle run banyak tutorial di youtube.

Akhirnya setelah tes tahap 2 , saya kembali ke rumah dengan tenang, dan kembali melakukan aktifitas biasa ( you know lah ). Pengumuman tahap 2 ini kalo ga salah tanggal 24 mei. And H-1 pengumuman saya cuma bisa berdoa dan berdoa, and yeahh pengumuman nya keluar dan disitu tertera nama gw. Alhamdulillah ya rabb, aku bersyukur padamu, tetapi gan teman gw yang dapet 2,1km++ ada yang tidak lulus, sedangkan gw yg 1,8km lulus. Idk the reasons yet I'm happy and sad at the same time?? ,dari 4 orang(gw dan temen gw)  yang lulus cuma 2(termasuk gw). nahh lanjut dah ke tahap 3. 

btw akhir bulan mei 2017 itu udah mulai puasaa ,, hore


Tahap 3 (TES TKD)
saya dapat tanggal 7 juni 2017, ehem. di sini saya sarankan anda benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh, karena selain susah, ini juga adalah tahap yang terakhir. jadi ya kurang lebihnya itu dari pengumuman tahap 2 sampai tes TKD nanti ada waktu kurang lebih 2 minggu. Saya sarankan kalian semua membeli setidaknya 1 buku cpns (apa aja pokoknya yang ada materi TKD),nah seterusnya kamu kembangkan materinya dan cari di Internet. Seumur hidup saya, saya baru niat belajar ya waktu ini, 2 minggu saya belajar setiap hari kwkwwk.
TKD itu terdiri dari :
  • TIU : Tes Intelegensi Umum >> disini gak jauh beda kaya TPA tahap 1 kok , materi dari latihan soal/Internet.
  • TIU terdiri  dari 30 soal yang jika betul poin 5 dan salah poin 0. Nilai MAX = 150

  • TKP : Tes Karakteristik Pribadi  >> kamu baca-baca aja materinya, gampang sih sebenernya tetapi setidaknya membantu menambah poin.
  • TKP terdiri dari 35 soal dan dengan range poin 1-5 , jadi tidak ada nilai  0  disini, wajib kerjain semua. Nilai Max= 175

  • TWK : Tes Wawasan Kebangsaan >> Nah ini nih yang banyak memakan korban, karena emang materinya sangat luas sekali 

Setidaknya materi basic TWK adalah 4 Pilar ,yaitu:
- UUD 45
- Bhineka Tunggal Ika
- Pancasila
- NKRI
pokoknya semua materi PKN dan Sejarah SMA ada peluangnya akan keluar di TWK ini, dari zaman prasejarah ,zaman besi, kerajaan  hindu ,budha  ,islam. Sejarah Internasional juga ada, Masa penjajahan belanda, Sejarah Kemerdekaan  Indonesia, UUD  RIS,UUDS,  orba, zaman reformasi, peraturan pemerintah, tap MPR, soal-soal bahasa Indonesia juga ada , dll masih banyak lagi. 
nanti tergantung deh kamu dapet soal yang materinya apa aja, pokoknya ambil aman itu pelajari dulu  4 pilar baru kembangkan materi di Internet, jangan sia-siakan Waktu mu.
TWK terdiri dari 35 soal, benar poin 5 salah poin 0. Nilai MAX= 175.

Tips:  Urutan  mengerjakan  mending TKP - TWK - TIU atau TWK - TKP - TIU , karena TIU akan memakan waktu yang banyak, trust  me  its  work. Banyak yang gagal juga karena kemakan TIU ini.

oh ya nanti di tahap 3 ini kan di ranking secara nasional dan diambil nilai tertinggi (yg lulus passing grade) sesuai kuota pkn stan nya, untuk penjurusan sepertinya menggunakan nilai akumulasi dari tahap 1 dan 2.

and FYI, skor TKD saya 355(susah  soal b.indo nya) . rata-rata nasional 353, tertinggi nasional 441. Teman saya nilainya 344 tidak keterima, tapi kayanya 345 masih keterima alias nilai paling bawah. jangan lupa bawa BPU dan Identitas diri disini.

Pengumuman TKD  tanggal 16 juni, tetapi eh tetapi ,baru  tanggal 15 juni sudah  keluar pengumuman, dan Alhamdulillah saya dan teman saya  lulus.
Saya dapat D1 Pajak sedangkan teman saya D1 BC

Sekian cerita saya, yang mau tanya silahkan kontak/ komen disini saja. Insa Allah akan saya jawab kalau tidak sibuk.


*Info Tambahan:
Pendaftar  Online 2017: 165 ribu
Yg mengikuti Tahap 1 : 133 ribu
yg lulus tahap 1(mengikuti tahap 2): kurang lebih 20 ribu
yg lulus tahap 2(mengikuti tahap 3): kurang lebih 10 ribu
Yg lulus tahap 3(tahap terakhir) : 6964 (+3 dari kuota awal)

Trus untuk tahun ini katanya cuma ada 2 tahap 
-ujian tertulis( tpa tbi skd)
-tkk (khusus bc) 

Semangat

Sumber dari : LINK




Category Article
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.