Tips memilih Jurusan yang Tepat di pkn stan 2019

Memilih Prodi yang Tepat di PKN STAN 2019

Pepatah mengatakan bahwa apabila kamu gagal merencanakan maka secara tidak langsung kamu sedang merencanakan kegagalan.

Hal ini berlaku untuk banyak hal termasuk merencanakan studi. Tentunya kita tidak ingin dong kita sampai salah memilih pendidikan kita yang menjadi variable penting dalam menentukan masa depan.

Tips memilih Jurusan yang Tepat di pkn stan 2019
Tips memilih Jurusan yang Tepat di pkn stan 2019


Apabila PKN-STAN masuk ke dalam daftar rencana studimu setelah melepas masa putih-abu, tentu kamu juga harus memilih satu dari sekian banyak program studi (prodi) yang ada di PKN-STAN.

Di PKN-STAN sendiri terdapat sembilan prodi yang bisa kamu pilih sebagai lulusan SMA. Kesembilan prodi itu unik teman-teman. Selain fokus pembelajarannya yang berbeda, setiap prodi memiliki “masa depannya” masing-masing.

Contohnya adalah ketika kamu memilih prodi D-I Pajak dengan masa studi satu tahun, maka setelah lulus kamu akan bekerja di instansi Direktorat Jenderal Pajak. Hal ini akan berbeda ketika kamu memilih prodi yang lain.

Oleh karena itu, kakak di sini memberikan tips dan trik untuk adik-adik agar bisa memilih prodi sesuai dengan keinginan.

#1 Ketahui Minat dan Bakatmu

Alangkah menyenangkannya ketika adik-adik kuliah di prodi yang sesuai dengan minat dan bakat yang adik-adik miliki. Rene Suhardono, penulis buku Ultimate U mengatakan bahwa kamu akan menjadi orang yang lebih produktif ketika kamu beraktivitas sesuai dengan apa yang menjadi minat dan bakatmu.

Jadi, sebelum kamu memilih prodi apa yang cocok untukmu, sebaiknya kamu ketahui apa yang menjadi minat dan bakatmu. Misalnya nih, kalau kamu suka dengan angka, kamu sebaiknya masuk ke prodi akuntansi.

#2 Kenali Karakteristik Masing-Masing Prodi

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa setiap prodi memiliki karakteristiknya masing-masing. Kalau dari masa pendidikan, ada D-I (satu tahun) dan D-III (tiga tahun).

Ada Sembilan prodi yang nantinya akan ‘disalurkan’ ke instansi masing-masing. Selain itu, metode belajar tiap prodi juga berbeda. Misalnya nih, ketika kamu memilih prodi D-I/D-III Kebendaharaan Negara, maka kamu harus siap untuk sering menghapal.

#3 Bidik Target Instansimu

Apa instansi yang nantinya kamu ingin bekerja di sana? Jika kamu ingin menjadi bagian dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pilihlah prodi D-I/D-III Bea dan Cukai.

Jika kamu ingin menjadi seorang auditor di Inspektorat Jenderal maupun di Badan Pemeriksa Keuangan, maka pilihlah D-III Akuntansi.

#4 Cari Pengalaman para Pendahulu

Belajar dari pengalaman adalah salah satu hal bijak yang bisa kita lakukan. Melalui pengalaman orang lain, kita bisa tahu dan belajar lebih banyak, terutama tentang pendidikan di PKN-STAN.

Kamu bisa tahu sisi positif maupun negatif dari setiap prodi berdasarkan pengalaman kakak kelasmu. Termasuk kisah-kisah menarik mereka saat mendapatkan tempat kerja yang mereka dapatkan sekarang.


Join disini : Bimbel PKN STAN 2019


Category Article , ,
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.