Tips Belajar Efektif bagi kamu yang ingin masuk PKN STAN 2019

Tips Belajar Efektif bagi kamu yang ingin masuk PKN STAN 2019

Bagaimana kabar adik-adik? Sehat? Belajar buat USM PKN STAN masih lanjut kan? Nah, kali ini kakak bakal share hal-hal yang bisa adik-adik lakukan, agar belajar adik-adik lebih efektif. Simak baik-baik yaa.

Tips Belajar Efektif bagi kamu yang ingin masuk PKN STAN 2019
.

Tempat nyaman

Umumnya, orang akan nyaman belajar ditempat yang sunyi, jauh dari suara berisik yang dapat mengganggu konsentrasi. Tingkat pencahayaan yang cukup juga diperlukan, selain itu tempat yang rapi juga membuat adik-adik bisa lebih leluasa dalam belajar.

Buat catatan kecil

Catatan kecil disini tujuannya agar bisa dibawa kemana-mana, sehingga materi-materi yang telah adik-adik pelajari bisa adik-adik review saat adik-adik punya waktu luang. Entah itu saat menunggu jemputan pulang bimbel, saat jeda iklan sinetron favorit adik-adik, dan sebagainya.

Bentuk catatan ini juga bisa beragam, adik-adik bisa membuatnya seperti buku saku(block note kecil yang pocketable), kertas pintar(lembar-lembar kertas yang berisi resume materi, lebih lebar dari buku saku dan biasanya terpisah tiap-tiap bab), dan flash card(kartu-kartu kecil yang berisi pertanyaan pada bagian depan, dan jawaban dari pertanyaan tersebut dibagian belakang).

Gunakan warna-warna

Warna-warna dapat membantu adik-adik dalam mengingat kata kunci, atau bagian-bagian penting dari materi yang adik-adik pelajari, rumus-rumus misalnya. Bisa dengan stabilo, pen warna, pensil warna, atau gambar dan karakter unik. Hal tersebut bisa membuat belajar adik-adik lebih menyenangkan loh.

Screening setiap bangun tidur dan sesudah mandi

Mengapa kakak menyarankan demikian? Karena saat bangun tidur dan sesudah mandi adalah saat-saat dimana kondisi kita lebih fit, sehingga mereview materi-materi ringan seperti screening catatan kecil akan mudah masuk kedalam otak.

Boleh sambil nyemil snack dan minum air putih

Belajar itu ngga harus melulu nyemil buku, adik-adik juga bisa menyelinginya dengan makan kue-kue ringan dan minum air putih.

Mengapa air putih kak?

Karena air putih itu bisa membuat tubuh adik-adik lebih segar, oksigen juga akan lancar diangkut ke otak, apalagi kalau adik-adik lagi belajar materi yang susah dan membosankan, perlu banget tuh air putih.

Istirahat setelah 30 menit

Setiap orang mungkin berbeda-beda kekuatan otaknya dalam belajar, ketahui waktu maksimal adik-adik bisa konsentrasi dalam belajar. Kemudian tiap sesi adik-adik belajar, jangan melebihi dari waktu maksimal tersebut, selingi dengan aktivitas lain untuk melanjutkan belajar adik-adik di sesi berikutnya. Tapi ingat, jangan sampai aktivitas tersebut membuat adik-adik terlena yaa.

Belajar kelompok

Nah, ini untuk tipe-tipe yang ngga bisa belajar sendirian atau yang bakal ngantuk kalau belajar sendiri. Adik-adik bisa belajar dengan kelompok kecil untuk saling bertukar ilmu, usahakan ada salah satu atau lebih dari anggota kelompok tersebut yang master yaa, agar tidak salah paham dalam mempelajari materi karena adanya pemahaman yang berbeda tiap anggota kelompok.

Jangan lupa berdoa

Berdoa sebelum dan sesudah belajar, membuat belajar adik-adik menjadi berkah. Apalagi kalau ilmu yang adik-adik peroleh itu dibagikan ke teman-teman, bisa jadi bekal dunia dan bekal akhirat tuh, keren kan?



Yuk daftar disini : Bimbel Online PKN STAN


Category Article , , ,
Bagikan Artikel ini ke teman Anda...!!!

What's on Your Mind...

Silahkan Berkomentar dengan sopan, hindari kata-kata kotor, sara dan spam.
Semoga Bermanfaat.

Powered by Blogger.